Rabu, April 29, 2009

Harapan dan Kenyataan

Sampai kapan mimpi-mimpi itu kita beli ?

Sampai nanti sampai habis terjual harga diri

Sampai kapan harga-harga itu melambung tinggi ?

Sampai nanti sampai kita tak bisa bermimpi !!

Sebuah satire dari kang Iwan Fals saya kutip diatas.Lagu yang saya rasa masih cukup relevan untuk menggambarkan realita yang terjadi di negeri kita saat ini.Apalagi lirik lanjutannya sbb :

Segala produksi ada disini

Menggoda kita untuk memiliki

Hari-hari kita diisi hasutan

Hingga kita tak tahu diri sendiri

Hmm.......kita memang prihatin dengan kondisi ini.Mau tak mau inilah kenyataan yang ada.Keadaaan makro ekonomi global yang terpuruk telah menjadi pemicu utama akan meningkatnya tekanan hidup pada setiap orang.Hal inilah yang mendasari hampir semua masalah lain dalam semua bidang.Membuat semua individu menjadi cepat stress dan lebih parahnya pikiran kita takkan mampu lagi untuk berfikir jernih dan mencerna semua masalah dengan sehat.

Begitu banyak contoh dari hal ini.Lingkungan kita telah memberi bukti akan betapa lemahnya mental spiritul kita dalam menghadapi masalah.Banyak yang jatuh sakit,gila dan bunuh diri.Mulai dari ketidakmampuan menerima kegagalan,menerima kenyataan yang tak sesuai harapan,resiko dari usaha yang tak berhasil,tertipu janji manis yang menjerumuskan,hingga hal yang mungkin terkesan remeh seperti putus cinta,cerai,terlilit hutang,dll.

Hal seperti inilah yang terkadang menjadi alasan seseorang untuk mengambil jalan pintas.Berbuat berbagai tidak kejahatan seperti mencuri,merampok,menipu,menculik,hingga menggadaikan harga diri.Ironis memang.

Sebenarnya kalau kita berpikir jernih,berbagai masalah yang kita hadapi sesungguhnya berawal dari kesalahan kita sendiri.Terkadang kita begitu ceroboh,lalai,kurang waspada,meremehkan dan menggampangkan masalah,hingga banyak hal yang kita lakukan tanpa melihat kemampuan diri kita sendiri.Kita kadang terlalu percaya diri atau mungkin kita termakan hasutan pihak lain sehingga kita lupa akan siapa sesunguhnya diri kita.

Tak perlu rasanya menyalahkan siapapun.Juga tak akan memberi manfaat apapun jika kita terlarut dalam keterpurukan.Marilah senantiasa kita bersyukur akan semua karunia Tuhan yang begitu berlimpah yang telah kita terima.Selalu berada di jalanNya.Menjalani hidup dengan penuh optimisme,semangat,dan kesungguhan.Dilandasi sikap dan perilaku jujur,disiplin dan bertanggungjawab.Menjalani hidup dengan kerjakeras dan meyerahkan hasilnya sepenuhnya pada Tuhan.Karena Dialah yang maha adil & bijaksana.

Percayalah,akan selalu ada hikmah dari semua cobaan.Mari bangkit dan buktikan.Kita bisa!!

10 komentar:

Riswanto PS mengatakan...

Mampir silaturahim.
Saya adalah cah ndeso yang lahir di sebuah pelosok dusun dekat bukit berbatu kapur di Gunungkidul. Dari Trowono turun ke arah utara melewati pasar Paliyan - ke barat - sampai dusun Paliyan Kidul kelurahan Karangduwet kecamatan Paliyan kabupaten Gunungkidul.

Anto Banang mengatakan...

Nuwun kang Ris dah mau mampir ke blog saya.Ini cuma tulsan asal-asalan.Dah lama ga update.Blm sempet nulis lagi krn kesibukan (he..he...soq belagu nich..).Thx a lot !!

Anonim mengatakan...

wahhh, mas anto ini rupanya blogger juga, saya senang ada lebih banyak blogger yang bercerita tentang gunungkidul, sama seperti saya

salam

http://jarwadi.wordpress.com/2010/01/04/jajan-pasar-meniran-tempe-benguk/

Anto Banang mengatakan...

Iya Kang Jarwadi.
Saya Dah lama jadi Blogger.Dari jaman orang2 belum kenal blogger lebih jauh.Th 2007.

Sekarang dah ga keurus karena berbagai kesibukan,kerjaan & bisnis.

Ok,saya sangat mendukung majunya GK dengan berbagai cara.Mulai dari pribadi kita masing2 tentunya.

Salam sukses.
Anto.

lomba berhadiah domain mengatakan...

saya sepakat,Mas. kita harus mulainya dari diri kita sendiri.

pesan semacam ini telah berabad-abad didengungkan oleh orang-orang bijak, bahkan orang-orang tua.
btw salam kenal,Pak.

Anto Banang mengatakan...

Makasih banyak Pak untuk komentarnya.Makasih juga atas waktunya sudi mampir ke blog saya.

Salam kenal juga.Semoga komunikasi ini bisa berkelanjutan.

Salam hangat,
Anto.

shendy mengatakan...

mantap...
mau share video bayi yg senyumnya cute bgt. sapa tahu jadi terhibur ngelihatnya
http://www.youtube.com/watch?v=pA1K-B7DdIw

Anto Banang mengatakan...

Thx a lot Bung Shendy....Met Lebaran kalau Anda merayakan.A new day,new hope,new spirit.

pejuang masa depan mengatakan...

mas anto kita tetanggaan,,, salam trowono,,, :)

Anto Banang mengatakan...

Matur nuwun dah sudi mampir.....Wah,slm kenal mas..Add FB aja "anto banang" biar tambah rekat silaturahim...Sorry utk blog krn kesibukan dah lama ga ada update...